Selasa, 08 November 2016

Perbedaan dari imajinasi, fantasi, khayalan dan halusinasi

 

ingat epidsode spongebob yang menggunakan imajinasinya, dan membuat squidward menjadi tertarik .
apakah kamu pernah berpikir apakah hal tersebuat benar benar bisa terjadi??? mungkin.. dengan imajinasi bahkan Albert Einstein’s pun mengatakan demikian..
tapi ,apakah kamu tau kamu sedang berimajinasi, berkhayal,berhalusinasi atau kah hanya berfantasi??? semoga kamu bisa menemukan jawabannya di sini..
  1.  Imajinasi ( imagination) Imajinasi itu sendiri kan kata serapan dari Imagination, berasal dari kata dasar Image dan kata kerja Imagine. Image sendiri artinya gambar, Imagine artinya membayangkan gambar. Imajinasi : daya pikir untuk membayangkan atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dsb) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang.
    Batas imajinasi adalah DAYA imajinasi itu sendiri, saat seseorang berimajinasi BEBAS LEPAS, yang membatasinya hanyalah daya dari imajinasi orang tersebut, dalam arti SEJAUH apa ia mampu "TERBANG" dengan imajinasinya yang bebas merdeka tersebut.
  2. Fantasi Fantasi merupakan sebuah mimpi yang berkembang di luar jangkauan manusia sehingga tidak memiliki parameter yang real dalam mewujudkannya. Lain halnya dengan imajinasi, fantasi lebih bersifat TERLALU mengada-ada. Pasalnya, antara impian dan kenyataan benar-benar tidak dapat dikoneksikan. Yah misalnya saja kita ingin kembali ke kehidupan kita di masa yang lalu atau merubah dirinya menjadi seekor cacing.
  3. Khayalan Khayalan atau ilusi merupakan wujud dari kepalsuan. ilusi merupakan persepsi yang salah dan palsu. Secara terminologis, ilusi berarti ide, keyakinan, atau kesan tentang sesuatu yang jelas-jelas keliru. Pada dasarnya berkhayal bukan hal yang baik karena dapat membuat orang menjadi bingung dan memiliki tekanan batin atau bahkan dapat menyebabkan orang menjadi kehilangan jati dirinya dan cenderung gila2an. Contohnya seorang yang buntung pada kakinya berkhayal dia memiliki kaki yang tidak pernah buntung, maka hakikatnya dia sedang membohongi disi sendiri dan tidak menerima kenyataan lalu hidup dalam kepalsuan. 
  4.  Halusinasi Halusinasi adalah suatu keadaan seseorang melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak nyata. Dengan kata lain, pengertian halusinasi adalah persepsi salah yang diterima oleh panca indera dan berasal dari stimulus eksternal yang biasanya tidak diinterpretasikan ke dalam pengalaman. Halusinasi dapat terjadi pada indra apa pun (pendengaran, penciuman, peraba, dll) yang tidak dapat dikontrolnya

5 komentar:

  1. Kalau inget sepongbob jadi lucu imajinasi


    Game Android
    Kalau sama delusi beda ya gan


    Informasi Terbaru
    Wah nambah pengetahuan nih

    BalasHapus
  2. Bisa ga kita bermimpi tanpa harus berimajinasi?

    BalasHapus
  3. Aku mau tanya dong.. akhir-akhir ini aku merasa walau dalam keadaan sadar, melakukan rutinitas sehari-hari,, tetapi ada waktu-waktu tertentu yg aku merasa jiwa ku baru balik ke raga,, spt raga disini jiwa nth dimana,tpi jiwa itu bs kembali k raga aku.. dn aku ngerasa,apa yg aku jalanin, tempat,org yg aku jumpai,spt pernah aku bertemu.. serius tolong,,minta jawabannya ya... terimakasih

    BalasHapus